Arti pentingnya sebuah pengalaman


Arti pentingnya sebuah pengalaman

            Hai semua, kali ini saya akan coba berbicara tentang arti pentingnya sebuah pengalaman, tapi sebelum kita membahas lebih lanjut tentang pengalaman. Tau kah kamu tentang arti dari pengalaman itu sendiri?
            Pengalaman dalam kamus bahasa Indonesia memiliki arti “yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung, dan lain sebagainya): ia suka menceritakan ~ nya semasa revolusi fisik”. Lalu kalau menurut saya pribadi, pengalaman itu artinya segala sesuatu kejadian / peristiwa / kondisi yang telah atau pernah kita lewati baik itu kejadian tentang hal-hal yang baik dan menyenangkan maupun kejadian-kejadian yang buruk dan menyedihkan.
Dari mana saja kita bisa dapatkan pengalaman? Pengalaman itu bisa kita dapatkan dari kehidupan kita sehari-hari, secara tidak sadar setiap satu detik ke depan kita akan disungguhkan berbagai macam jenis pengalaman yang tidak bisa kita tolak semuanya dan kita diwajibkan untuk memilih satu diantara banyak pilihan tersebut. Maka dari itu sangat lah penting bagi kita untuk berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak atau melangkah agar kita tidak mendapatkan pengalaman atau kejadian yang buruk setelah mengambil keputusan tersebut.
Kemudian pengalaman itu juga bisa didapatkan dari orang lain, dengan cara mendengarkan setiap curahan hati orang lain tentang apa saja yang sudah dialaminya. Loh kenapa kita mesti ngedengerin curhatan orang lain dan kenapa juga kita ikut ambil pusing tentang masalah orang lain, kan itu privacy mereka masing-masing? Nah pemikiran seperti itu lah yang menurut saya salah, kenapa saya bilang salah? Itu karena dua hal, pertama kita sebagai manusia punya batasan-batasan tersendiri yang sudah diatur oleh sang maha kuasa allah.swt maka dari itu, sangat lah jarang kita mengalami pengalaman atau kondisi seperti yang dialami oleh orang lain, dan kemungkinan untuk mengalami hal yang sama pun sangat lah kecil. kecuali saat kita sedang bermain game hal yang pernah dialami oleh orang lain tentu akan kita alami juga karena alur perjalanan sebuah game pasti sama satu dengan lainnya.
Alasan kedua adalah mereka bercerita kepada kita tentang kondisi yang sedang mereka alami itu karena mereka membutuhkan saran dan solusi untuk menghadapi masalah tersebut. Nah pada saat itu juga lah kita harus mendengarkan dengan cermat rincian kejadian dan kondisinya agar jika kita mengalami hal yang sama seperti yang diceritakan oleh orang tersebut, kita jadi sudah tahu harus bertindak seperti apa (jadi sudah punya solusinya), jadi kita tidak akan terjatuh ke dalam penyesalan setelah kita mengambil keputusan.
            Dan manfaat lain dengan mendengarkan setiap curahan hati orang lain adalah kita jadi bisa lebih mempererat hubungan antara sesama manusia yang mana itu merupakan hal pokok terpenting dari peran manusia sebagai mahluk sosial. Maka dari itu komunikasi seperti mendengarkan curahan hati orang lain itu sangat lah penting, jangan seperti sang penulis yang nyaris saja hidup sebagai *Hikikomori yaitu sebutan bagi seorang anak didaerah jepang sana yang mengasingkan diri dari dunia luar dan hanya duduk atau tiduran sambil bermain game atau online saja didalam kamar untuk waktu yang cukup lama, dan hanya akan keluar jika sudah waktunya untuk sekolah dan makan.
            Tujuan dari pengalaman itu sendiri adalah agar kita dapat lebih berhati-hati dalam melangkah ke depannya dan juga bisa dijadikan sebagai alat untuk instrospeksi diri. Kita boleh-boleh saja menyimpan setiap pengalaman manis yang telah kita lalui, namun kita tidak boleh membuang setiap kenangan atau pengalaman-pengalaman buruk yang pernah kita alami begitu saja, karena pengalaman buruk itu ada agar kita dapat belajar dari kenangan tersebut dan mengambil hikmahnya.
            Saya rasa cukup sekian dulu aja artikel ini, karena saya merasa sudah mulai kehabisan kata-kata,, hehe.. Satu kesimpulan terakhir yang bisa saya berikan adalah “pengalaman ada untuk dikenang, dipelajari dengan cermat agar tidak terjadi kata penyesalan diakhir, dan kita sebagai manusia juga perlu untuk mendengarkan cerita tentang pengalaman-pengalaman orang lain karena kita sebagai manusia punya batasnya masing-masing dan kecil sekali kemungkinan kita untuk dapat merasakan atau mengalami hal yang sama seperti orang lain”.
Demikian artikel ini saya buat, saya mohon maaf sekali jika ada kata-kata dalam artikel saya ini yang menyinggung hati kalian para pembaca dan maaf juga jika terdapat banyak kesalahan dalam penulisan kata-katanya. Akhir kata saya ucapkan assalamualaikum Wr. Wb.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

have you ever found someone that's been so kind to you? besides of your family i think.. then can you tell yourself that he/she really kind to you? hehe xD i think if you found someone like that you'll feel better, thx.

DJ AFIP mengatakan...

Rajalistrik.com

Scril arli koeruga kouga mengatakan...

???

Posting Komentar