Pengalaman dalam membuat sebuah sistem informasi



Pengalaman dalam membuat sebuah sistem informasi

Sebelum bercerita tentang pengalaman dalam membuat sebuah sistem informasi, saya ingin memberitahu terlebih dahulu tentang apa itu sistem informasi, sistem informasi itu terdiri dari 2 suku kata yaitu sistem yang artinya “suatu kesatuan dari berbagai macam elemen yang saling terhubung dan memiliki batasan dan juga memiliki tujuan tertentu”. Lalu informasi yang artinya “kumpulan dari fakta-fakta yang sudah jelas kebenarannya dan sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menambah pemahaman dari pembaca atau pendengar”. Jadi sistem informasi adalah suatu kesatuan dari berbagai macam elemen yang saling terhubung dan memiliki tujuan serta batasan”
            Nah sekarang saya akan mulai bercerita tentang pengalaman saya dalam membuat sebuah sistem informasi, waktu itu saya membuat sistem informasi pendaftaran (cat: dalam hal ini saya membuat sebuah formulir pendaftaran) sebuah komunitas bernama Shohensei dimana saya membuat sistem informasi tersebut menggunakan bahasa python, kenapa python? Karena saya lebih mengerti bahasa pemprograman bahasa python.
            Tidak berbeda dengan cara kita membuat sebuah program dengan bahasa pemprograman yang lain, pertama-tama saya membuat algoritma dari program yang akan saya buat terlebih dahulu agar tidak ada miss atau proses yang terlalu lama dalam proses mengcompile script yang sudah kita buat. Setelah algoritma sudah dibuat dengan benar. Maka proses selanjutnya adalah menuliskan scriptnya ke dalam bahasa pemprograman python, berikut ini adalah script formulir pendaftaran yang sudah saya buat:

#program Formulir

loop=1
pil=0
while loop==1:
            print ""
        print "--------------------------------"
            print "   Shohensei Japan Community    "
            print "--------------------------------"        
            print " Silahkan isi data berikut ini "
            nama = raw_input ("Masukkan nama aslimu = ")
            namajp = raw_input ("Masukkan nama jepangmu = ")
            alamat = raw_input ("Dimana kamu tinggal = ")
            umur = input ("Berapa umurmu = ")
            minat = raw_input ("apa minat yang ingin kamu ambil = ")
            print ""
            print "------------------------------------------------------------------------"
            if umur <= 15:
                        print "Maaf",namajp,"kamu belum bisa bergabung dengan kami karena usiamu",umur,"belum mencapai 15 tahun, jadi silahkan coba lagi ketika usiamu cukup yah ^^ "

            elif umur >= 16 and umur <= 49:
                        print "               Welcome to Shohensei japan community                 "
                        print "------------------------------------------------------------------------"
                        print ""
                        print "Selamat",namajp,"kamu telah berhasil bergabung dengan komunitas kami Shorai no Henka no Seisei dan minat yang kamu ambil adalah : ", minat
                        print ""
                        print "Jangan lupa untuk join di grup facebook kami"
                        print "Shorai no henka no seisei ~ shohensei"
                        print ""
                        print "dan kunjungi juga blog kami di www.SHS.blogspot.com"
                        print ""
                        print "Silahkan hubungi para admin kami untuk informasi lebih lanjutnya"
                        print ""
                        print "doomo arigatou gozaimasu ^^"
   
            elif umur >= 50 and umur <= 60:
                        print "Maaf",namajp,"sepertinya anda tidak bisa bergabung dengan kami karena kami hanya menerima member baru yang berusia kurang dari umur yang ada masukkan"

            else:
                        loop=0

output program



            Sebenarnya saya masih kurang puas dengan hasil yang didapatkan dari program yang saya buat ini maka dari itu sekarang saya sedang berusaha memperbaikinya dengan menggunakan bahasa pemprograman lainnya,, oke saya rasa cukup segitu saja cerita pengalaman saya,, lain kali saya akan membagikan pengalaman saya lainnya kepada kalian semua,, semoga bermanfaat yah kawan-kawan dan maaf bila ada salah-salah kata. Oke terima kasih.. assalammualaikum wr. Wb.

Yuswendar Arli, 3IA02, 57411703

0 komentar:

Posting Komentar