Keamanan Jaringan

Hacker


Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang – orang di internet. Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kata hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer.

Hacking

Hacking adalah setiap usaha atau kegiatan di luar izin atau sepengetahuan pemilik jaringan untuk memasuki sebuah jaringan serta mencoba mencuri file password dan sebagainya.

Menurut R. Kresno Aji, hacking adalah suatu seni dalam memahami sistem operasi dan sekaligus salah satu cara dalam mendalami sistem keamanan jaringan, sehingga kita bisa menemukan cara yang lebih baik dalam mengamankan sistem dan jaringan.

Cracker

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya dijaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-defaced (merusak halaman muka web) milik orang lain, bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri.

Cracker tidak mempunya kode etik ataupun aturan main, karena cracker sifatnya merusak. Cracker mempunyai situs ataupun cenel dalam IRC yang tersembunyi, yang hanya orang – orang tertentu yang bisa mengaksesnya. Cracker juga mempunyai IP yang tidak bisa dilacak. Kasus yang paling sering dilakukan oleh cracker ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. 


Patch

Dalam dunia komputer, patch adalah bagian kecil dari program yang dirancang untuk meng-update atau memperbaiki masalah yang terjadi pada sebuah program. Patch dapat berupa perbaikan bug, penggantian GUI, penambahan fitur atau peningkatan performa. Meskipun memiliki maksud untuk memperbaiki, tidak semua proses patching selalu menghasilkan efek positif.

Sistem operasi sebagai bagian paling vital dari keseluruhan kerja komputer Anda, juga sering mengalami penambahan patch. Berbagai ancaman pada sistem operasi dapat datang dari bugs sistem operasi itu sendiri, virus, malware, trojan, ataupun worm. Sistem operasi seperti Microsoft Windows juga menerapkan live update, seperti pada software Antivirus untuk melakukan update tanpa campur tangan pengguna. Microsoft Windows menyebutnya dengan Automatic Update. Sedemikian rumit dan luasnya sebuah sistem operasi, hingga tidak mustahil pengguna melakukan eksplorasi melakukan “patch” sendiri, seperti melakukan perubahan registry atau memanipulasi file-file sistem operasi.

Telnet

Telnet (Tele Network) adalah suatu terminal yang dapat digunakan untuk mengakses resource yang ada di komputer server. Adapun untuk mengakses komputer server tersebut kita dapat menggunakan beberapa tools yang sudah disediakan (missal : putty, winscp, winftp dan lain – lain), atau dapat juga menggunakan terminal yang sudah disediakan oleh Windows.

Telnet artinya Remote Login yang dapat terjadi di internet karena ada service dari protocol telnet. Dengan telnet memungkinkan kita untuk mengakses komputer lain secara remote melalui internet. Dalam bahasa yang mudah, kita dapat memberikan perintah kepada komputer lain baik dalam membuat file, mengedit, menghapus dan menjalankan suatu perintah hanya melalui komputer didepan meja kita.

Cara penggunaan telnet sangat mudah, kita ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system. Jika sudah tersambung berarti sudah berada diterminal pada komputer jarak jauh tersebut sehingga bisa berinteraksi dengan program yang tersedia. Untuk mengakhiri Telnet ketik Quit atau Exit, pada beberapa system menggunakan bye atau off. Bila menggunakan Windows tergantung program yang digunakan.

FTP

FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pen-transfer-an berkas (file) komputer antar mesin – mesin dalam sebuah internetwork. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan user name dan password yang dikirim dalam bentuk yang tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan user name dan password-nya untuk mengakses, men- download dan meng-upload berkas – berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna daftar memiliki akses penuh terdapat berapa direkotri , sehingga mereka dapat berkas , memuat dikotri dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous & password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan formatftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

Tujuan FTP server adalah sebagai beikut :
1. Untuk men-sharing data.
2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi User.
4. Untuk menyediakan tranper data yang reliable dan efisien.

FTP sebenarnya cara yang tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfesfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tapi melalui clear text. Metode text yang dipakai transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara Default, FTP menggunakan metode ASCII untuk transfer data. Karena Pengirimannya tanpa enkripsi, maka username,password,data yang ditransfer maupun perintah yang dikirim dapat dniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu disana.

Worm

Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.

Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam – diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan – pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.

Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan.
Tanda – tanda komputer kita terkena virus :
Komputer berjalan lambat dari normal
Perubahan tampilan pada komputer
Komputer sering restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan
Komputer hang atau berhenti merespon kita
Harddisk tidak bisa diakses
Dan lain – lain.

Untuk menghindari komputer kita diinfeksi atau terserang virus maka kita harus waspada dalam berinteraksi dengan file dari komputer lain, file dari media penyimpanan dari orang lain, attachment email, pertukaran file jaringan, lubang keamanan komputer kita dan lain – lain. Pasang antivirus yang bagus, yang di update secara berkala serta program firewall untuk jaringan dan anti spyware dan adware untuk menanggulangi jenis gangguan komputer lain.

TUJUAN KEAMANAN JARINGAN


•Availability / Ketersediaan
•Reliability / Kehandalan
•Confidentiality / Kerahasiaan


Ancaman Jaringan komputer

•FISIK
-Pencurianperangkatkeraskomputeratau
perangkatjaringan
-Kerusakanpadakomputerdanperangkat
komunikasijaringan
-Wiretapping
-Bencanaalam
•LOGIK
-Kerusakanpadasistemoperasiatauaplikasi
-Virus
-Sniffing

0 komentar:

Posting Komentar